Lokasi Rekreasi Gunung Arjuno lewat Purwosari

Lokasi Rekreasi Gunung Arjuno lewat Purwosari

Lokasi Rekreasi Gunung Arjuno lewat Purwosari berada di ketinggian 3.339 mdpl yang mana ada pada rangking gunung paling tinggi ke-3.

Sesudah Gunung Semeru dan Gunung Raung dan ada pada rangking ke-4 di Pulau Jawa.

Wah, dengan ketinggian lebih dari 3000 mtr., kamu harus menyiapkan perlengkapan dan fisik saat sebelum pendakian ya.

Informasi Lokasi Rekreasi Gunung Arjuno lewat Purwosari: Reservasi sampai Pendakian

Sepanjang perjalanan pendakian, kamu bukan hanya disuguhi dengan keelokan alam seputar tetapi juga ada banyak tempat wisata, seperti rekreasi air terjun Kakek Bodo yang satu lajur dengan lajur pendakian.

Baca Juga: Onbashira dan Sapporo Festival

Karena diatur oleh Taman Rimba Raya Raden Soerjo, Gunung Arjuno mempunyai teritori rimba seperti rimba di luar negeri yang pas untuk aktivitas camping dengan keluarga atau rekan, seperti teritori rimba Montane, Swiss.

Untuk kamu yang ingin berekreasi ke gunung, gunung Arjuno lewat Purwosari menjadi opsi buat kamu datangi nih! Karena saat mendaki gunung Arjuno melalui lajur Purwosari, kamu dapat nikmati alam yang cantik dan dapat berjumpa dengan beberapa warisan dan petilasan kuno.

Disamping itu gunung ini mempunyai panorama pucuk yang cantik karena sebagai gunung paling tinggi keempat di Pulau Jawa. Bila kamu berminat untuk berekreasi ke gunung Arjuno, baca dahulu info rekreasi selengkapnya di bawah ini.

Info Lokasi Rekreasi Gunung Arjuno

Nama lain : Gunung Arjuna

Tipe gunung: Stratovolcano

Posisi : Kota Batu, Kabupaten Malang, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur

Status gunung: Tertidur

Letusan paling akhir: 1952

Ketinggian : 3339 mtr. di permukaan laut

Pengurus : Taman Rimba Raya Raden Soerjo

Lajur pendakian yang ada : Purwosari, Lawang, Batu, Tretes

Lokasi Rekreasi Gunung Arjuno Jalur ke arah basecamp

Memakai kereta:

  • Naik kereta ke Stasiun Malang
  • Berangkat naik angkot ke Terminal Arjosari Malang (Rp5 ribu)
  • Naik bis ke Pasar Purwosari (Rp 10 ribu)
  • Naik ojek ke Desa Tambaksari, Purwosari (Rp 30 ribu)

Memakai bis:

  • Berangkat dengan bis ke Terminal Arjosari Malang
  • Naik bis ke Pasar Purwosari (Rp 10 ribu)
  • Naik ojek ke Desa Tambaksari, Purwosari (Rp 30 ribu)

Memakai kendaraan individu:

  • Menuju Malang atau Pasuruan
  • Bertujuan Pasar Purwosari
  • Menuju Desa Tambaksari, Purwosari

Register Lokasi Rekreasi Gunung Arjuno

2 hari saat sebelum pergi ke gunung Arjuno, pendaki harus daftar online dahulu lewat web sah pengurus gunung Arjuno.

Web reservasi online: https://sipenerang.tahuraradensoerjo.or.id/

Ongkos masuk WNI: Rp11 ribu setiap hari

Ongkos masuk WNA: Rp201 ribu setiap hari

Panduan saat sebelum mendaki

  • Pelajari dahulu langkah mengurusi registrasinya
  • Mendaki bersama orang yang eksper
  • Membawa alat mendaki yang komplet
  • Rajin olahraga saat sebelum mendaki
  • Membawa obat individu
  • Mulai pendakian pada pagi hari

Pendakian

Basecamp – Pos 1 – Pos 2 – Pos 3 – Pos 4 – Pos 5 (4 Jam): Pada awal perjalanan kamu akan melalui kebun kopi, lalu masuk rimba yang tidak begitu rimbun dan naik sampai Pos 5. Pos 5 ialah tempat paling bagus untuk menginap karena ada tempat lumayan luas dan sumber air.

Pos 5 – Pos 6 – Pos 7 – Pucuk (7 Jam): Mulai pendakian ke arah pucuk di pagi hari supaya tidak kesiangan dan kepanasan saat sampai di pucuk. Lajur ke arah pucuk ini medannya berbentuk rimba yang kering dan naik.

Ada apa di Gunung Arjuno?

Di Pos 1 lajur Purwosari sebagai teritori Guo Onto Boego, sebuah gua yang dipercayai ialah mulut dari Antaboga, seorang naga dalam istilah wayang.

Ke arah Pos 5 kamu akan menjumpai beberapa bangunan petilasan dan arca di dekat lajur pendakian.

Di pos 5 ada sebuah altar warisan kerajaan Singosari. Altar itu namanya Wahyu Mangkutoromo.

Tidak jauh dari Pos 5, kamu akan menjumpai arca Eyang Semar dan tangga yang rapi ke arah candi Sepilar yang berada di atasnya.

Lalu ada pucuknya yang mempunyai panorama lautan awan dan jejeran gunung di Jawa Timur.

Nach, itu ia info rekreasi Gunung Arjuno lewat Purwosari. Kapan nih ingin pergi ke situ?

Berkunjung tempat rekreasi alam adalah langkah untuk menentramkan pemikiran dan melepas capek dari bisingnya keramaian kota.

Dari demikian tempat rekreasi di Jawa Timur, Kaki Gunung Arjuno Welirang menjadi salah satunya tujuan rekreasi. Tempat rekreasi dengan background gunung dan pohon-pohon ini akan menolongmu berasa semakin tenang dan fresh.

Gunung Arjuno Welirang sebagai salah satunya pegunungan yang terhitung dalam Taman Rimba Raya Raden Soerjo (Tahura Soerjo). Bukan hanya rekreasi pendakian, Tahura Soerjo ini mempunyai tujuan rekreasi yang cantik dan menarik, seperti 5 rekreasi di bawah ini :

  1. Rekreasi Pemandangan Petung Sewu

Rekreasi Pemandangan Petung Sewu ini berada di Dusun Pacet, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto. Tujuan Pemandangan Petung Sewu menyajikan keelokan lereng gunung Arjuno dan hijaunya rimba alami. Pemandangan Petung Sewu ini sediakan spot photo modern, dengan background panorama gunung dan air terjun. Pada posisi ini dapat dijumpai rimba bambu alami dan saluran sungai yang paling jernih dengan ketinggian 1.500 mdpl. Harga ticket masuk teritori ini relatif murah yaitu kurang dari 15.000 rupiah.

  1. Air Terjun Tretes

Air Terjun Tretes berada di Dusun Galeng Dewo, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang. Pada Air Terjun Tretes sebagai salah satunya air terjun paling tinggi di Jawa Timur. Ketinggiannya capai lebih kurang 170 mtr.. Air terjun ini sebagai hilir sungai Sumber Watu Bonakah. Air Terjun Tretes ini menyajikan pemandangan alam cantik yang ada di Gunung Jurung Guah. Posisi rekreasi Air Terjun Tretes ini ada di ketinggian 1.172 mdpl. Harga ticket masuk teritori ini relatif murah yaitu kurang dari 15.000 rupiah.

  1. Loka Wiyata Surya

Loka Wiyata Surya berada di Dusun Claket, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto. Pada Loka Wiyata Surya mempunyai keelokan alam yang asri, sejuk, dan sebagai lokasi yang pas untuk aktivitas kemping. Loka Wiyata Surya sebagai teritori rekreasi edukasi untuk pengenalan ekosistem rimba pegunungan dan flora dan fauna, sekalian nikmati udara bersih dan fresh yang sehatkan. Kecuali sebagai posisi rekreasi edukasi ada rekreasi pendakian ke arah Gunung Bahu dengan ketinggian 1.585 mpdl dan Puthuk Pulosari. Harga ticket masuk teritori ini relatif murah yaitu kurang dari 15.000 rupiah.

  1. Bukit Watu Jengger

Bukit Watu Jengger dengan ketinggian 1100 mdpl memungkinkan menjadi tujuan alternative pendakian atau kemping sesudah Gunung Penanggungan dan Gunung Bahu. Rekreasi ini benar-benar direferensikan untuk beberapa pendaki pemula karena medan yang tidak begitu terjal. Bukit Watu Jengger berada di Dusun Nawangan, Kecamatan Tawangrejo, Kabupaten Mojokerto. Di sekitar Pucuk Watu Jengger ini ada pohon-pohon yang hijau dan teduh. Bukit Watu Jengger memberi daya tarik keelokan yang menganakemaskan mata. Harga ticket masuk teritori ini relatif murah yaitu kurang dari 15.000 rupiah.

  1. Air Terjun Watu Lumpang

Air Terjun Watu Lumpang sebagai air terjun yang lumayan tinggi di Objek Rekreasi Alam Taman Rimba Raya Raden Soerjo. Wisata Air Terjun Watu Lumpang berada di Dusun Sensi, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto. Harga ticket masuk teritori ini relatif murah yaitu kurang dari 10.000 rupiah, kamu dapat nikmati keelokan alam yang menganakemaskan mata dan spot photo yang bagus.