Istana Istimewa Paling tinggi di Dunia

Istana Istimewa Paling tinggi di Dunia

Istana Istimewa Paling tinggi di Dunia – Istana Potala sebagai bangunan yang dipandang seperti landmark dan lambang Tibet.

Bangunan ini sebagai istana besar yang terbagi dalam beberapa rumah, menara, kapel, dan lain-lain.

Istana Potala, Istana Istimewa Paling tinggi di Dunia

Istana Potala ialah istana paling tinggi di dunia dan dikenali karena style arsitekturnya yang fantastis, hingga disegani sebagai salah satunya bangunan arsitektur paling indah di dunia.

Baca Juga: Informasi Rekreasi Gunung Guntur

Wisata Istana Potala berada di Lhasa, Tibet, dahulunya sebagai istana kekaisaran, pusat pemerintah, dan biara, saat ini jadi salah satunya tujuan rekreasi yang perlu didatangi oleh wisatawan Tibet.

Bangunan ini simpan bermacam bukti riwayat yang memikat untuk diulas. Berikut kelompok bukti menarik sekitar Istana Potala diringkas dari situs China Highlights dan Listerious.

Tidak ada bangunan yang dibolehkan semakin tinggi dari Istana Potala

Istana Potala dibuat 117 mtr. di atas gunung, dengan beberapa langkah zig-zag yang mengagumkan. Saat kamu jalan-jalan di seputar bangunan kota Lhasa, kamu tidak mendapati bangunan apa saja yang semakin tinggi dari pucuk Istana Potala.

Untuk melestarikan situasi unik di seputar istana , sudah diterapkan larangan untuk membuat gedung dengan tinggi lebih dari 21 mtr.. Ini sebagai tanda penghormatan pada situs suci. Karena itu, kamu tidak menyaksikan gedung pencakar langit yang membubung tinggi di atas istana.

Istana Istimewa Paling tinggi Dibuat oleh Dalai Lama kelima

Pembangunan istana diawali di tahun 1645 atas perintah Dalai Lama kelima. Dalai Lama kelima namanya Lozang Gyatso, pimpinan religius Buddha Tibet ini memilih untuk membuat istana karena posisinya yang unik.

Posisi itu dipandang prima untuk dipakai sebagai pusat pemerintah, karena posisinya yang ada pas antara biara Drepung, Sera, dan kota Lhasa.

Dalam bangunan Istana Potala ada stupa Dalai Lama kelima dengan tinggi 14,85 mtr., yang dilapis dengan 3.721 kg emas, dan permata menghias stupa, seperti mutiara, koral, amber, dan batu akik. Stupa Dalai Lama kelima ialah stupa yang paling eksklusif dan paling bernilai.

Perlu waktu 48 tahun untuk menuntaskan semua istana

Sama dengan bangunan istimewa yang lain, Istana Potala tidak dibuat cuman dalam perhitungan bulan, tetapi perlu waktu sekian tahun untuk menyelesaikannya. Susunan khusus bangunan ini cuman memerlukan waktu seputar tiga tahun untuk menyelesaikannya, namun untuk keseluruhnya bangunannya sampai interior mengonsumsi keseluruhan waktu sampai 45 tahun.

Ini bermakna jika istana baru betul-betul usai dibuat di tahun 1694 M, atau 12 tahun sesudah Dalai Lama kelima wafat.

Potala ialah bangunan yang paling kuat

Istana Potala berada pada ketinggian 3.700 mtr. di atas bukit yang berada di lembah Lhasa yang disebutkan “Ri Marpo”. Bangunan ini besar sekali karena membubung 117 mtr. di atas bukit ini dan 300 mtr. di atas landasan lembah.

Karena itu, bangunan itu dibikin khusus supaya tahan pada bahaya gempa. Dinding fondasi Istana Potala mempunyai tebal 5 mtr. pada intinya, tebal rerata 3 mtr., dan dibikin dengan kombinasi tembaga untuk bikin fondasi jadi lebih kuat.

Potala sebagai tempat tinggal 10 Dalai Lama sepanjang 317 tahun

Pada 1642, sesudah Dalai Lama kelima membuat kembali Istana Potala, ia mengalihkan pemerintahannya ke istana. Semenjak waktu itu, Istana Potala jadi tempat tinggal Dalai Lama, kantor pemerintah, dan tempat penting untuk aktivitas keagamaan.

Tetapi, sesudah Dalai Lama ke-14 larikan diri ke India di tahun 1959, Istana Potala jadi lebih seperti museum. Bila ditotal, Istana Potala sudah jadi tempat tinggal 10 angkatan Dalai Lama dalam periode 317 tahun.

Demikian beberapa bukti sekitar Istana Potala. Duh, jadi ingin cepat-cepat kesini sesudah wabahk COVID-19 usai, kan?

Rekreasi di Tibet yang Membuat Kamu Takjub!

Letak geografi Tibet ada di daratan tinggi, yang di mana daratan ini jadi daratan paling tinggi di dunia. Itu karena, Tibet berjulukan atap dunia. Pernah tutup diri dari capaian pelancong, sekarang wilayah otonomi yang berada di China ini mulai buka diri untuk dunia. Walau masih terbatasi jumlah lawatan wisatawannya.

Jumlah warga Tibet yang minim, membuat tiap pelancong yang liburan kesini benar-benar nikmati saat liburan mereka. Kurang lebih seperti apakah ya tujuan rekreasi Tibet, teritori yang berjulukan atap dunia ini? Lihat yok, foto cantiknya di bawah ini.

  1. Danau Namtso

Bersih, jernih, dan cantik, deskripsi singkat berkenaan danau-danau elok di Tibet. Salah satunya yang memikat perhatian adalah Danau Namtso. Berada di Lhasa, danau ini dipanggil sebagai danau surgawi karena keelokannya tetap terlindungi alami. Rerata pelancong habiskan waktu nikmati kecantikan danau ini dengan menunggang yak saat sebelum matahari keluar atau ketika akan tenggelam.

  1. Rimba Lulang

Bak di negeri dongeng, rimba ini formasi komplet dengan kemunculan berbentuk pegunungan, gletser, sungai, dan dusun kecil. Betul-betul membuat kamu bak di negeri dongeng. Keasriannya dapat membuat kamu terkesima dan tidak ingin pulang.

  1. Gunung Kailash

Supaya mematuhi batasan kesucian gunung, beberapa pendaki tidak dikenankan lakukan pendakian sampai pucuk. Gunung Kailash dipandang seperti gunung suci oleh umat Hindu dan Budha.

Menurut kitab Hindu dan Budha, di seputar gunung ini ada biara-biara dan gua-gua kuno tempat beberapa resi suci tinggal. Kabarnya, cuman orang mujur saja yang bisa menyaksikan kemunculan gua-gua itu.

  1. Ngarai Besar Yarlung Tsangpo

Masuk ke daftar ngarai paling besar dan paling dalam di dunia, Ngarai Besar Yarlung Tsangpo mempunyai kecantikan yang mengagumkan. Ditambah di ngarai ini ada tumbuhan dan hewan sangat jarang dan unik. Tidak itu saja, satwa liar seperti yew dan serangga zoraptera bisa kalian saksikan di ngarai ini.

  1. Mata Air Panas Yangpachen

Kecuali digunakan sebagai pembangkit listrik tenaga panas bumi untuk daerah Lhasa. Mata air panas Yangpachen ramai didatangi oleh pelancong yang ingin meluangkan merendam di mata air panas alami ini.

Apa lagi background mata air panas Yangpachen ialah rangkaian pegunungan dengan selimut putih di bagian pucuknya. Membuat kerasan merendam!

  1. Sungai Niyang

Dengan bahasa Tibet, Niyang bermakna air mata berduka seorang peri. Sungai Niyang dikitari oleh rimba subur dengan pohon-pohon yang hijau dan padang rumput yang luas. Air sungai ini jernih dan bersih, membuat mata sejuk melihat.

Kecuali saluran sungainya yang jernih dengan warna toska, kehadiran pilar batu di Mid-River mengundang perhatian pengunjung.

  1. Istana Potala

Tibet bukan hanya kaya tujuan alamnya saja. Banyak tapak jejak masa lampau yang ditinggal sebagai bukti riwayat, diantaranya adalah Istana Potala. Dulu, istana ini adalah rumah Dalai Lama semenjak era ketujuh. Sekarang, istana ini berbeda sebagai museum dan namanya masuk ke situs peninggalan dunia UNESCO.

Dalam Istana Potala, pelancong bisa menyaksikan lebih kurang 698 mural, 10.000 gulungan lukisan, patung, karpet, tirai, porselen, batu giok, dan beberapa benda emas atau perak. Dan banyak koleksi sutra dan document monumental yang perlu.

Wah, betul-betul membuat takjub ya! Yang sudah disebut barusan beberapa dari tujuan yang cukup populer di Tibet. Bila kamu bertandang kesini, ada banyak lokasi yang yang lain untuk kalian datangi.

Yang jelas agar bisa bertandang ke bermacam tujuan rekreasi Tibet, kalian harus ditemani oleh pemandu rekreasi di tempat ya! Karena beberapa tujuan rekreasi Tibet mempunyai aturan keras untuk beberapa pelancong.