Informasi Rekreasi Gunung Guntur

Informasi Rekreasi Gunung Guntur

Informasi Rekreasi Gunung Guntur – Garut adalah salah satunya kota di Jawa Barat yang punyai bermacam tempat rekreasi menarik.

Tidak cuman populer dengan rekreasi air panas, Garut simpan kekuatan rekreasi air terjun, dusun tradisi, pantai, sampai gunung.

Informasi Rekreasi Gunung Guntur di Garut: Posisi, Harga, Jalur dan Panduan

Informasi Rekreasi Gunung Guntur terletak yang tidak begitu jauh dari Bandung jadikan Garut sebagai salah satunya alternative banyak pelancong untuk isi waktu berlibur.

Baca Juga: Lokasi Rekreasi Gunung Arjuno lewat Purwosari

Di Garut, Gunung Guntur adalah tujuan rekreasi alam favorite pelancong, bahkan juga masyarakat lokal sendiri. Gunung berapi yang aktif ini mempunyai daya tarik yang akan membuat pengunjung berdecak takjub akan alam yang cantik. Karena itu, tidaklah aneh jika gunung ini jadi tujuan penjelajahan beberapa pendaki diakhir minggu, kecuali Gunung Papandayan dan Gunung Cikuray.

Untuk info komplet mengenai Gunung Guntur, yok baca pembahasan di bawah ini!

Kelebihan Gunung Guntur

Untuk yang ingin cari alternative pendakian di teritori Garut, Gunung Guntur menjadi opsi yang tepat. Gunung ini mempunyai bermacam daya magnet yang membuat beberapa pendaki ingin tahu untuk tiba. Berikut kelebihan Gunung Guntur yang perlu kamu kenali:

Mempunyai dua kaldera yang lumayan besar dan dalam

Dari pucuk Gunung Guntur kamu akan disuguhi bermacam panorama cantik. Salah satunya panorama yang bisa kamu cicipi ialah kawah yang tercipta karena letusan hebat pada jaman dulu. Letusan itu selanjutnya memunculkan tapak jejak riwayat vulkanis berbentuk bentang luas dua kaldera yang dalam.

Ke-2 kaldera itu ialah Kaldera Pangkalan di samping timur dan Kaldera Gandapura di samping barat gunung. Walau belum setenar kaldera di Gunung Rinjani dan Tambora, keelokan ke-2 kaldera di Gunung Guntur dan udara pegunungan yang sejuk dapat jadikan peristiwa pendakian kamu makin terkesan.

Mempunyai empat pucuk

Gunung Guntur adalah nama sebuah pucuk dari jejeran pegunungan api. Pada bagian pucuknya, ada banyak kerucut pucuk gunung yang membuat barisan besar dan berjajar dimulai dari arah barat laut ke tenggara. Pucuk paling tingginya ialah Pucuk Masigit, diteruskan Pucuk Guntur, Pucuk Parupuyan, dan Pucuk Kabuyutan.

Pucuk 1 atau Pucuk Guntur adalah sabana yang luas yang jadi sebagai tempat kemping beberapa pendaki. Dari pucuk 1, kamu dapat nikmati panorama matahari keluar dengan latar panorama Kota Garut, Gunung Cikuray, dan Gunung Papandayan. Pucuk 1 juga makin spesial karena mempunyai kawah yang luas yang dapat kamu datangi.

Menariknya, ada panorama yang cukup unik di Pucuk 1 Gunung Guntur. Babi rimba yang berkeliaran cari makanan di tiap tenda pendaki menjadi object photografi kamu. Yakinkan kamu tidak simpan beberapa barang di luar tenda supaya tidak mengundang perhatian babi rimba untuk mengusik.

Pucuk setelah itu Pucuk 2 atau Pucuk Kabuyutan yang diikuti adanya Tugu GPS dari pakar vulkanologi. Di pucuk ini, panoramanya lebih cantik. Kamu juga dapat menyaksikan Pucuk 1 yang disanggupi tenda beberapa pendaki dan kawah Gunung Guntur di Pucuk 1 secara jelas saat cuaca ceria.

Antiknya, di Pucuk Parupuyan ada tanah yang keluarkan asap belerang. Tanah itu berasa panas, hingga digunakan pendaki untuk menghangatkan tubuh. Sementara Pucuk 3 (Pucuk Parupuyan) dan Pucuk 4 (Pucuk Masigit) tidak mempunyai tanda atau tugu. Ke-2 pucuk yang berada di samping timur Gunung Guntur ini tawarkan panorama yang cantik.

Sabana yang memesona

Sabana ini termasuk unik hanya karena banyak lalang yang harus kamu untuk jadikan background berpose.

Salah satunya spot sunrise terbaik di Garut

Panorama di atas Gunung Guntur demikian mempesona. Salah satunya panorama yang paling dicintai beberapa pendaki ialah warna langit saat matahari keluar. Di saat subuh, kamu dapat melihat peristiwa matahari keluar yang prima dari pucuk. Pemandangan akan makin elok saat status matahari makin tinggi.

Gunung Guntur ialah gunung yang berada di Kabupaten Garut, Jawa Barat. Gunung berketinggian 2249 mdpl ini cukup populer di kelompok pendaki karena medannya yang berpasir serupa yang serupa dengan gunung Semeru pucuk gunungnya yang cantik.

Saat sebelum kamu pergi berekreasi ke situ, baca dahulu info sekitar pendakian gunung Guntur di bawah ini yok!

  1. Posisi dan jalur ke arah basecamp

Untuk mendaki gunung Guntur, kamu harus mendaki melalui basecamp Daerah Citiis yang berada di Dusun Pesawahan, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut. Posisi Daerah Citiis ini tidak begitu jauh dengan perkotaan.

Untuk jalurnya, dari arah Jakarta meluncurlah ke arah Garut, lalu stop di Tarogong Kaler, spesifiknya di SPBU Tanjung.

  1. Register pendakian

Jam operasional: 24 jam

Persyaratan pendakian: Kartu identitas sebagai agunan

Harga ticket: Rp15 ribu

Parkirkan kendaraan: Rp10 ribu untuk mobil dan motor

  1. Panduan saat sebelum mendaki Gunung Guntur

Bawa perlengkapan mendaki yang makanan dan air yang cukup serta bawa kartu identitas. Mulai pendakian tidak boleh begitu sore persiapkan obat individu. Lakukanlah Olahraga saat sebelum mendaki

  1. Jalur dan waktu pendakian

Basecamp Citiis – Pos 1 – Pos 2 – Pos 3 (3-5 jam): Pada awal pendakian kamu akan melalui jalanan agak miring yang kerap dilalui truk pasir. Lantas masuk rimba dan mulai naik. Dekati pos 3, lajur akan makin naik dan banyak batu-batuan. Sampai di pos 3, kamu dapat kemping dan isi botol air di sungai dekat pos 3.

Pos 3 – Pucuk (2-4 jam): Pendakian ke arah pucuk ini seharusnya diawali pagi hari saat sebelum cuaca panas. Dari pos 3 ke arah pucuk ini lajurnya naik tiada henti dan berbentuk pasir yang sulit dijejak. Kamu harus tambahan berhati-hati saat melalui lajur ini.

Pulang (4-6 jam): Perjalanan pulang ini waktunya bisa lebih cepat dibanding saat pergi. Namun tetap berhati-hati supaya tidak jatuh.

  1. Keelokan Gunung Guntur

Di sejauh lajur pendakian saat sebelum Pos 3, kamu akan didampingi oleh saluran sungai yang cukup deras. Karena itu, tidak jauh dari lajur pendakian ada air terjun namanya curug Citiis.

Ketika ada di pucuk, kamu dapat menyaksikan Gunung Galunggung di Timur, seberang lautan awan. Akan nampak Gunung Ciremai di samping Timur Laut bila cuaca ceria.

View Gunung Cikuray di Selatan juga menarik. Daratan antara Gunung Guntur dan Cikuray ini ialah daerah perkotaan Garut. Di waktu malam hari, akan nampak beberapa lampu perkotaan yang cantik.

Tetapi di samping barat dan utara gunung ini cuman ada tebing yang terjal. Jadi panorama cuman ada di samping timur dan selatan.

Nah, itu info yang dapat kamu untuk jadikan tutorial untuk berekreasi ke gunung Guntur kelak. Selamat mendaki!